cover
Contact Name
Tohir Solehudin
Contact Email
jpg@uika-bogor.ac.id
Phone
+6282110975474
Journal Mail Official
jpg@uika-bogor.ac.id
Editorial Address
Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Guru (JPG)
ISSN : 27221504     EISSN : 27211002     DOI : 10.32832/jpg
Core Subject : Education,
Merupakan Jurnal Pendidikan yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Ibn Khaldun Bogor. Ruang lingkup meliputi penelitian para guru terkait pendidikan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2020): JPG: Jurnal Pendidikan guru" : 5 Documents clear
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS III MI NURUL HUDA 1 CURUG Evi Nurtikasari; Muhammad Fahri
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 1, No 1 (2020): JPG: Jurnal Pendidikan guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v1i1.2869

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar bahasa Indonesia dengan menggunakan model scramble pada siswa kelas III MI Nurul Huda 1 Curug.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan subjeknya adalah siswa kelas III yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus 3 pertemuan. Hasil penelitian pada penelitian ini dapat dilihat pada hasil belajar siswa yang meningkat yaitu siklus 1 rata-rata nilai 67,5, siklus 2 meningkat menjadi 74,85 dan siklus 3 meningkat menjadi 80,35. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DEGAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORRAY KELAS V MI UNWANUL HUDA 1 SAWANGAN Diana Aulia Jamil; Oking Setia Priatna; Suyud Arif
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 1, No 1 (2020): JPG: Jurnal Pendidikan guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v1i1.2870

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas V MI Unwanul Huda 1 Pasir Putih. Rumusan masalah yang diajukan yaitu apakah dengan menggunakan penerapan model pembelajaran Course Review Horray dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V MI Unwanul Huda 1 Pasir Putih. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Prngrtahuan Alam melalui penerapan model pembelajaran Course Review Horray di kelas V MI Unwanul Huda 1 Pasir Putih. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus dengan menggunakan desain penelitian Tindakan Kelas meurut Suharsimi Arikunto. Adapun tahapan dalam penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil observasi aktivitas guru, dan hasil observasi aktivitas siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Unwanul Huda 1 Pasir Putih yang berjumlah 33 orang yang terdiri dari 17 orang laki – laki dan 18 orang perempuan. Hasil nilai pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada pra siklus nilai rata-rata siswa adalah 60,57, pada siklus 1 nilai rata-rata siswa adalah 61,63, pada siklus 2 nilai rata-rata siswa adalah 72,06, sedangkan pada siklus 3 nilai rata-rata siswa adalah 81,15.
Pengaruh Metode Two Stay Two Stray Terhadap Karakter Disiplin Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MI Tarbiyatul Atfhal Dwi Indah Lestari; Maemunah Sa'diyah; Kamalludin Kamalludin
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 1, No 1 (2020): JPG: Jurnal Pendidikan guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v1i1.2675

Abstract

AbstractThe purpose of this study is to determine whether or not there is an influence of the use of the two stay two stray (TSTS) method to the discipline character of students at MI Tarbiyatul Atfhal. The method used is experimental research. The sample of this study included 30 control class students and 30 experimental class students. Research instruments in the form of observation, tests, and documentation. The results of the study were calculated using SPSS 20 to determine the level of influence of the learning method. The results of this study are the influence of the Two Stay Two Stray method on the character of student discipline in the subjects of the Islamic Morals in the experimental and control classes in class V MI Tarbiyatul Athfal ie there are differences in the average of the two classes with the average value of the pre-control class test 47.2 and post-test 71.2. While the experimental class got an average score of 49.07 pre-test and 86.67 post-test. Then it can be concluded that the two stay two stray method has an influence on the character of student discipline at MI Tarbiyatul Atfhal. Keywords: Disciplinary Character, Learning Method, Two Stay Two Stray.
PENGARUH METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL) PADA MATA PELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MI AN-NURONIYAH Kurniawati Kurniawati; Tohir Solehudin
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 1, No 1 (2020): JPG: Jurnal Pendidikan guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v1i1.2676

Abstract

 This research aims to to increase result of learning at subject of IPA at least reaching KKM ( 70) by using method of Contextual Teaching and Learning that leads students to be  active, goodness in cooperating, question and answer, searching answer, explaining and also pay attention to the material described by friends Research type the used of Research Of Action Class ( PTK) classroom action by research conducted by the research of V grade teachers through 3 cycles. Where each cycle is carried out 2 meetings each cycle consisting of four aktivities namely planning,impleminting,observing,evaluatinf, and reflectingPursuant to result of research, reached result in each natural cycle of improvement. In  cycle of I percentage of student activity 39,28%. in cycle of II percentage of student activity 85,71%. in cycle of III, percentage of student aktifitas 92,85%. As well as the  result of student evaluation each cycle also experience of improvement. in cycle of I only 14 student or 58,33% complete student. In cycle of II there were 19 student or 79,16% complete student. In cycle of III there were  23 student or 95,83% complete student. Based on the results obtained, the can know that applying of method study of Contextual Teaching Learning and can improve result learning IPA outcomes in V grade students MI AN-NURONIYAH This research aims to to increase result of learning at subject of IPA at least reaching KKM ( 70) by using method of Contextual Teaching and Learning that leads students to be  active, goodness in cooperating, question and answer, searching answer, explaining and also pay attention to the material described by friends Research type the used of Research Of Action Class ( PTK) classroom action by research conducted by the research of V grade teachers through 3 cycles. Where each cycle is carried out 2 meetings each cycle consisting of four aktivities namely planning,impleminting,observing,evaluatinf, and reflectingPursuant to result of research, reached result in each natural cycle of improvement. In  cycle of I percentage of student activity 39,28%. in cycle of II percentage of student activity 85,71%. in cycle of III, percentage of student aktifitas 92,85%. As well as the  result of student evaluation each cycle also experience of improvement. in cycle of I only 14 student or 58,33% complete student. In cycle of II there were 19 student or 79,16% complete student. In cycle of III there were  23 student or 95,83% complete student.Based on the results obtained, the can know that applying of method study of Contextual Teaching Learning and can improve result learning IPA outcomes in V grade students MI AN-NURONIYAH 
PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MI I’ANATUSSHIBYAN Nurhalimah Nurhalimah; Hidayah Baisa; Salati Asmahasanah
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 1, No 1 (2020): JPG: Jurnal Pendidikan guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v1i1.2865

Abstract

Siswa sering kali mengalami kurang bersemangat dalam belajar, terutama pada pelajaran yang tidak disukainya atau yang dianggap tidak menarik. Hal itu dapat dipengaruhi oleh guru yang menyampaikan materi pembelajaran. Dalam penelitian ini, akan melihat pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa di MI I’anatusshibyan Kota Bogor. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi deskripsi. Populasi dalam penilitian ini adalah seluruh siswa MI I’anatusshibyan Kota Bogor. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI I’anatusshibyan dengan jumlah 62 siswa. Data yang dianalisis ialah kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar siswa dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner yang masing-masing terdiri atas 20 butir pernyataan. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan kriteria “r” product moment memperoleh hasil  0,487 yang terletak antara 0,40 – 0,70 yang berarti terdapat pengaruh positif yang sedang dan cukup antara kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Dalam penelitian ini jumlah responden sebanyak 62. Untuk mencari df menggunakan rumus df=N-nr =62-2=60. Dengan df 60 diperoleh rtabel  pada taraf signifikan 5% yaitu sebesar 0,254. Ternyata rxy lebih besar daripada rtabel  pada taraf signifikan, sehingga HO ditolak dan Ha  diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peranan kompetensi pedagogik guru berpengaruh pada motivasi belajar siswa di MI I’anatusshibyan Kota Bogor.

Page 1 of 1 | Total Record : 5